Upaya Patroli Polsek Munjungan, Ramadhan 1438 H Zero Petasan

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek- Polisi tanpa peran serta masyarakat sama saja dengan zonk atau nol, karena makin banyaknya dinamika Kamtibmas yang berimbas pula pada makin banyaknya tugas-tugas Polisi. Apalagi dalam mewujudkan situasi bulan ramadhan 1438 H yang sejuk dan damai. Sabtu sore 10/6/17

Untuk itulah anggota Polsek Munjungan Polres Trenggalek melalui Kanit Sabhara Aiptu Sudarwani dan KASPKT Aiptu Suwito selalu rutin turun ditengah-tengah masyarakat untuk berpatroli dialogis menjalin komunikasi yang baik antara Polisi dan masyarakat. Saat mobile patroli melintas di jalan trans Pansela sekelompok anak-anak bermain petasan bumbung paralon, sehungga butuh pendekatan humanis dan bahasa anak untuk menegur mereka.

“Kita selalu menekankan untuk selalu tertib dan bebas petasan di bulan ramdhan tahun ini dan jangan sungkan sampaikan kepada Polisi apabila ada gangguan Kamtibmas dalam aktifitasnya” begitulah Aiptu Sudarwani menuturkan. Patroli dialogis merupakan salah satu tupoksi (tugas pokok dan fungsi) Sabhara yang wajib diemban oleh semua anggota Polri.

Adapun fungsi Sabhara merupakan sebagian Fungsi Kepolisian yang bersifat preventif (pencegahan) yang memerlukan keahlian dan ketrampilan khusus yang telah dikembangkan lagi mengingat masing-masing tugas yang tergabung dalam fungsi Sabhara perlu menyesuaikan dengan tuntutan perkembangan situasi yang ada di masyarakat. (red/is)


Sumber : Polres Trenggalek