Laksanakan Patroli Pasar Subuh Karangan Antisipasi Tindak Pencurian

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Antusiasme masyarakat wilayah Kecamatan Karangan tetap tinggi walaupun dalam bulan ramadhan, terlihat banyaknya pengunjung pasar subuh Karangan untuk bertransaksi antara pedagang dan pembeli yang memang sudah berlangsung lama kegiatan masyarakat di pasar ini. Sabtu (10/06).

Salah satu pasar berpola tradisional in terletak dipinggir jalan raya Kecamatan Karangan dengan Kecamatan Suruh karena letaknya yang strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat dikedua kecamatan tersebut.

Pasar tradisional ini didominasi oleh pedagang keliling yang mengendarai sepeda motor bagi masyarakat lokal biasa dinamai pedagang ethek disebut demikian karena dinililai begitu lincah masuk ke gang – gang kecil perkampungan yang menjajakan dagangan berupa sayur – mayur dan kebutuhan pokok mendasar bagi masyarakat kebanyakan.

Rutin tiap pagi pasar subuh Karangan bisa mencapai hampir ratusan pedagang ethek yang mengambil barang dagangan selanjutnya dijajakan keliling kampung.

Situasi pasar yang demikian memang akan menimbulkan kerawanan adanya tindakan kriminal, rawan terjadi pencurian dan juga karena letaknya dipinggir jalan protokol rawan kemacetan dan laka lantas.

Polsek Karangan secara rutin dan berkesinambungan melaksanakan pengamanan kegiatan pasar subuh Karangan ini dengan cara bertindak yang telah di perintahkan Kapolsek Karangan AKP Sutrisno, S.H yaitu diutamakan prefentif (pencegahan), edukasi (pendekatan) kepada pengunjung maupun pedagang dan pengaturan arus lalu lintas. Petugas Polsek Karangan yang diterjunkan yang sedang tugas jaga malam itu.

“Polsek Karangan setiap pagi waktu subuh mengamankan pasar ini apa lagi sekarang waktunya bulan ramadhan pengunjung sangat padat terutama pedagang ethek yang memarkir kendaraan dipinggir jalan yang rawan pencurian, kemacetan dan laka lantas” ujar Aiptu Sarmin yang sedang melaksanakan tugas patroli.

AKP Sutrisno membenarkan bahwa pasar subuh Karangan padat pengunjung dan kadang parkirnya kendaraan sampai tumpah kejalan raya, tempat ini salah satunya titik rawan yang ada di wilayahnya yang perlu kehadiran Polisi.


Sumber : Polres Trenggalek