Bhabinkamtibmas Jalankan Kewajiban Seorang Muslim

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Hak kewajiban muslim telah diatur dalam agama Islam kita ini. Karena memang Islam telah mengatur segala aspek kehidupan manusia baik itu hubungannya antara manusia (hamba) kepada Allah, dan juga hubungan muamalah manusia muslim terhadap muslim lainnya, seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas desa Karangrejo Polsek Kampak Polres Trenggalek Aiptu Sumani saat melaksanakan ta’ziah di wilayah desa binaannya, Sabtu (10/06).

Mengenai dalil mengenai hak kewajiban muslim telah terdapat dalam sebuah hadist dari Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yaitu :”Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Hak / Kewajiban seorang muslim atas muslim yang lain ada enam.” Lalu ada yang bertanya, “Apa itu ya Rasulullah.” Maka beliau menjawab, “Apabila kamu bertemu dengannya maka ucapkanlah salam kepadanya, apabila dia mengundangmu maka penuhilah undangannya, apabila dia meminta nasehat kepadamu maka berilah nasehat kepadanya, apabila dia bersin lalu memuji Allah maka doakanlah dia -dengan bacaan yarhamukallah-, apabila dia sakit maka jenguklah dia, dan apabila dia meninggal maka iringilah jenazahnya.” (HR. Muslim).

Seperti kegiatan ta’ziah yang dilakukan oleh Aiptu Sumani menghadiri serta membantu prosesi jenasah hingga ke pemakaman warganya yang meninggal almarhum Painak di dusun kedungwatu Rt 07 Rw 03 desa karangrejo meninggal karena sakit.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Siapa yang mengantarkan jenazah hingga menshalatkannya maka baginya pahala satu qhirath, dan siapa yang mengantarkannya hingga dimakamkan maka baginya pahala dua qhirath”, beliau ditanya: “Apakah yang dimaksud qhirath ?”, beliau menjawab: “Bagaikan dua gunung yang besar“ (Riwayat Bukhari dan Muslim).

“tak lupa saya berpesan agar warga desa karangrejo selalu mempertahankan tali silaturahmi serta saling tolong menolong dalam kebaikan” ujar Aiptu Sumani.


Sumber : Polres Trenggalek