Safari Jum’at Kapolsek Pule Kunjungi Tokoh Agama Jombok

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – “Seperti kegiatan safari Jum’at yang kami laksanakan, dengan tujuan membangun silaturahmi dengan tokoh agama yang ada di Pule sudah berjalan disetiap Jum’at dari desa ke desa yang ada di Pule,” Kata Iptu Suraji mengawali pembicaraan dengan tokoh agama di jombok, Jum’at (9/6).

Safari Jum’at yang bertepatan dengan nuansa ramadhan dilaksanakan oleh Kapolsek Pule Polres Trenggalek  Iptu Suraji, Waka Polsek Ipda Sanusi dan rombongan. Kegiatan dilaksanakan di Masjid kyai Maksum yang berada di Ponpes Hidayatulloh Desa Jombok. Setelah kegiatan dari pelaksanaan Sholat Jum’at kegiatan safari Ramadhan dengan dialogis dilaksanakan, turut dalam kegiatan safari yang dilaksanakan, Munawir salah satu tokoh NU di Desa Jombok.

“Inti dari maksud dan tujuan rombongan ke Ponpes Hidayatulloh milik Kyai Maksum merupakan ajakan untuk merapatkan barisan, mencegah paham radikal yang ada,” Terang Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji.

Paham radikal tentunya sudah dipahami oleh pengurus Pondok Pesantren hidayatulloh, Karena seringnya kegiatan dari Polri Khususnya Polres Trenggalek melakukan sosialisasi paham yang dimaksud. Untuk mengingatkan kembali,  paham radikal merupakan pemahaman yang menghendaki adanya perubahan secara drastis, baik masalah pemerintahan maupun aturan yang ada.

“Kalau mereka ingin menggulingkan pemerintahan yang ada dan sah dalam NKRI, ya kita ulama mempersiapkan kader-kader penerus perjuangan ahli sunnah waljamaah,” Kata Kyai Maksum disela-sela perbincangan dengan rombongan safari Jum’at Polsek Pule Polres Trenggalek.

Memang paham radikalisme tidak cocok tumbuh di Negara Indonesia, yang mana nota bene bermacam-macam karakter kebangsaan. Kalau mereka menganggap orang yang tidak sepaham dengan mereka adalah musuh, tentunya akan melawan berbagai karakter yang ada di NKRI. Melalui safari Jum’at ini kita bersatukan ulama dengan Polri, dan menepis adanya kriminalisasi terhadap ulama oleh kelompok tertentu.


Sumber : Polres Trenggalek