Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba, Polres Trenggalek Cek Urine Sopir dan Kru Angkutan Umum

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Menjelang hari raya Idul Fitri, jajaran Polres Trenggalek bekerjasama dengan BNN Kabupaten Trenggalek dan Dinas Perhubungan melaksanakan tes urine kepada seluruh sopir dan kru bus dan angkutan umum lainnya. Kegiatan yang dilaksanakan di terminal bus surodakan Trenggalek ini dipimpin langsung oleh Kasatresnarkoba AKP Hariyanto, SH., beserta Urdokkes, unit Resnarkoba dan jajaran Satlantas Polres Trenggalek, Jum`at (09/06).

Sebuah mini lab milik BNNK Trenggalek sudah disiapkan berikut tenaga medis. Puluhan sopir, kenek maupun kondiktur bus, satu persatu antri untuk diperiksa urine nya.

Menurut AKP Hariyanto, tes urine dilakukan sebagai langkah awal menjamin keselamatan para penumpang bus menjelang hari raya Idul Fitri.

“Selama bulan Ramadhan, ini baru yang pertama. Meskipun lebaran masih kurang dua minggu lagi, kita antisipasi terlebih dahulu. Jangan sampai ada sopir bus atau kru yang menggunakan Narkoba. Akan sangat membahayakan tidak hanya diri sendiri melaikan penumpang dan orang lain” ujar AKP Hariyanto.

Disinggung soal hasil tes urine, AKP Hariyanto mengungkapkan dari 20 orang yang diperiksa urinenya tidak ditemukan yang terindikasi mengkonsumsi Narkoba.

“Tidak ada, semua bersih.” tambahnya

Senada dengan AKP Hariyanto, Kaurbinops Satlantas Polres Trenggalek Iptu Suwanan yang juga hadir dalam kegiatan tersebut menuturkan, kemungkinan besar arus mudik mulai terjadi H-7 lebaran. Beberapa langkah antisipasi sudah dilaksanakan oleh jajarannya, diantaranya survei jalan dan pemetaan kerawanan jalur mudik termasuk test urine yang dilaksanakan hari ini.

“Semua demi keamanan dan kenyamanan masyarakat menjelang hari Raya Idul Fitri” jelas Iptu Suwanan


Sumber : Polres Trenggalek