Bripka Saiful Bhabinkamtibmas Pakel Hadiri Kegiatan Pembinaan Sosial Keagamaan

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Aula Balai Desa Pakel, Kamis (8/6). Dipenuhi tokoh masyarakat desa, anggota BPD dan seluruh ketua RT dan RW, untuk mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintahan Desa Pakel. Tidak ketinggalan unsur tiga pilar Bhabinkamtibmas hadir dalam kegiatan ini. Mewakili Polsek Pule Polres Trenggalek sebagai unsur ujung tombak, Bripka Saiful Anwar datang dalam acara.

Kegiatan pembinaan keagamaan yang dikemas dalam nuansa ramadhan ini bertujuan untuk membentuk karakter manusia yang beriman, meskipun dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Pakel sudah menunjukan keimanan. Berarti kegiatan seperti ini ada nilai plusnya, yang mana bagi individu yang sudah memiliki keimanan maka akan bertambah dalam segi keimanannya.

Pembinaan sosial keagamaan sendiri memiliki arti bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri sebagai kodrat manusia berkarakter Zon Politicon yang berarti pasti membutuhkan manusia lain, dalam memenuhi kebutuhan hidup dan dalam berkomunikasi.

Kita bisa mengambil contoh adanya pimpinan di desa tentunya menandakan adanya masyarakat yang memerlukan adanya pemimpin, selain gambaran di atas seorang Mubaligh yang sedang berbicara dengan micropon tentu di depannya audien, kalau saja tidak adanya audien berbicara sendiri tentunya akan dianggap tidak waras. Itu perlunya sebagai manusia sosial yang saling membutuhkan satu sama lainya sebagai simbiosis manusia.

Kegiatan pembinaan sosial keagamaan yang dilaksanakan di Desa Pakel, mendatangkan tokoh ulama dari Desa Jombok Kyai Ihsan Permadi. Dengan gaya bahasa yang mudah diterima oleh pendengarnya, kurang lebih satu jam menyampaikan pembinaan keagamaan kepada para tokoh yang ada di Desa Pakel.

Semangat para audien yang mengikuti jalannya pembinaan terlihat saat Kyai Ihsan menyampaikan humor dalam perkataanya, dengan sesekali banyolan di katakan agar menggugah tawa pendengarnya.

Dalam sambutan tiga pilar yang di wakili Kades Pakel Pardan menyampaikan pesan dari Bhabinkamtibmasnya, terkait jam -jam rawan saat pelaksanaan ibadah puasa. Masyarakat harus meninngkatkan kewaspadaan pada pukul 19.00 s.d 21.00 saat pelaksanaan taraweh, karena dimungkinkan pelaku kejahatan menggunakan kesempatan saat rumah ditinggal pemiliknya.

Dengan mengecek keadaan rumah, terutama pintu pastikan keadaannya benar-benar terkunci, dan matikan kompor gas jangan sampai masih nyala selama ditinggal. Dalam upaya pencegahan kebakaran rumah yang disebabkan oleh kompor gas.

“Dalam kegiatan pembinaan sosial keagamaan yang dilaksanakan di balai Desa Pakel, juga disampaikan himbauan Kapolres Trenggalek terkait keamanan dan kenyamanan saat melakukan ibadah puasa,” Kata Bripka Saiful saat dikonfirmasi di Mako Polsek Pule Polres Trenggalek usai kegiatan.


Sumber : Polres Trenggalek