Peran Kepolisian Dalam Penyaluran Raskin/Rastra Untuk Masyarakat Kurang Mampu

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Raskin merupakan program Pemerintah yang di berikan untuk rakyat kategori miskin dengan kriteria tertentu. Raskin atau istilah sekarang disebut Rastra di kelola oleh Bulog bekerjasama dengan Pemerintah Daerah atau dalam hal ini adalah aparat Kecamatan dan Desa.

Untuk menghindari terjadinya penyelewengan pendistribusian Raskin/Rastra kepada masyarakat yang tidak mampu, Rabu (07/06) Anggota Bhabinkamtibmas Desa Dompyong Polsek Bendungan Polres Trenggalek  Aiptu Sukardi terjun langsung untuk turun tangan memantau dan membantu langsung dalam pembagian Raskin/Rastra di Kantor Desa Domyong Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek.

“Dalam hal pendistribusian Raskin/Rastra dilakukan oleh aparat pemerintah Desa, namun selama proses penyaluran kepada masyarakat, petugas Kepolisian akan selalu melakukan pemantauan serta turut membantu.” kata Aiptu Sukardi.

Dengan kegiatan penyaluran Rastra atau Raskin ini di tiap – tiap Desa, Bhabinkamtibmas akan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk membantu dan memantau secara langsung pendistribusian Raskin/Rastra kepada masyarakat yang berhak menerima.

Anggota Bhabinkamtibmas juga harus melakukan monitoring dan pengawasan terhadap distribusi bantuan Rastra atau Raskin kepada masyarakat, mengingat selama ini ada saja cerita tentang penyelewengan beras Rastra atau Raskin yang tidak di salurkan kepada warga yang berhak menerima.

“Di harapkan dengan kehadiran Bhabinkamtibmas dalam proses penyaluran Rastra atau Raskin di Kelurahan dan di Desa supaya bisa tepat sasaran dan dapat berjalan dengan lancar.”imbuh Aiptu Sukardi.


Sumber : Polres Trenggalek