Cegah Ronda Sahur Gunakan Sound System Polsek Gandusari Giatkan Patroli Jelang Sahur

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Sudah menjadi kebiasaan warga masyarakat Gandusari, bahwa menjelang makan sahur pada bulan ramadhan banyak para pemuda, remaja di wilayah Kecamatan Gandusari yang melakukan kegiatan ronda sahur dengan maksud untuk membangunkan warga masyarakat yang beragama Islam untuk melakukan makan sahur dengan, yaitu dengan melakukan ronda sahur dengan berjalan kaki keliling di desanya masing – masing dan memakai alat sederhana kentongan dari bambu yaitu sekira pukul 02.00 sampai dengan pukul 03.30 Wib.

Namun pada akhir – akhir ini kegiatan ronda sahur semakin berubah tujuanya yaitu dalam kegiatan ronda sahur para pemuda, remaja dari luar Kecamatan Gandusari juga berdatangan dengan menggunakan kendaraan sepeda motor dan mobil pik-up dengan mengangkut sound system yang suaranya sangat keras.

lebih – lebih jika kelompok ronda sahur tersebut berpapasan dengan kelompok ronda sahur yang lainya akan terjadi saling mengeraskan sound systemnya sehingga suaranya sangat membisingkan dan mengganggu warga masyarakat.

Kemudian terjadi saling emosi dan melempar petasan antara kelompok ronda sahur yang satu dengan lainya, hal ini sangat membahayakan dan meresahkan warga masyarakat karena betasan yang ia lemparkan dapat mengenai rumah atau keluarganya.

Kegiatan seperti ini tidak bisa dibiarkan karena dapat berkembang menjadi tawuran antar kelompok, antar desa yang dapat menimbulkan korban jiwa selain itu membuat gaduh, bising yang mengganggu warga masyarakat sekitarnya.

Guna mengantisipasi kerawanan tersebut Kapolsek Gandusari Polres Trenggalek AKP Rohadi, S.H, bersama anggota mengadakan Patroli menjelang sahur dan melarang warga yang melakukan ronda sahur dengan menggunakan alat sound system untuk dianjurkan agar menggunakan alat yang lebih senderhana contohnya kentongan dari bambu, kendang kempul, ketipung, gitar dan lain lain, minggu (04/06/2017).

“Jika para pemuda, remaja tetap menggunakan sond system pada saat melakukan ronda sahur kami tidak akan segan segan bertindak tegas dengan mengamankan alat sound sistem mereka di Polsek Gandusari Polres Trenggalek dan belum bisa diambil sebelum bulan puasa habis” tegas AKP Rohadi selaku Kapolsek Gandusari.


Sumber : Polres Trenggalek