Bhabinkamtibmas Ngulanwetan Kawal Distribusi Rastra

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Respon cepat ditunjukan oleh Bhabinkamtibmas desa Ngulanwetan Polsek Pogalan Polres Trenggalek Aiptu Sarwo Edy ketika desa binaannya dilaksanakan pendistribusian Rastra (beras sejahtera) dari Desa ke masyarakat, Minggu (4/6) siang.

Rastra merupakan program dari Pemerintah yang diberikan kepada rakyat kategori prasejahtera dengan kriteria tertentu Raskin dikelola oleh Bulog bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dalam hal ini aparat Kecamatan dan Desa. Distribusi dilakukan oleh perangkat desa. Selama proses penyaluran, petugas selalu melakukan pantauan.

Pembagian Rastra untuk keluarga prasejahtera yang sebelumnya kita kenal Raskin merupakan program pemerintah yang diperuntukkan kepada masyarakat golongan miskin, untuk itu selaku Bhabinkamtibmas Aiptu Sarwo Edy selalu melakukan pengawasan secara melekat terhadap pembagian Rastra dilaksanakan di desa binaanya guna menghindari terjadinya penyalahgunaan wewenang dan salah sasaran.

Pembagian Rastra diwilayah Desa Ngulanwetan yang berpusat di Balai Desa Ngulanwetan di distribusikan langsung oleh Kades bersama perangkatnya. Jumlah penerima Rastra sebanyak 226 KK. Adapun syarat pengambilannya yaitu membawa Fotocopy KTP dan KK serta uang tebusan Rp 24.000,- per sak. Jadi untuk 2 sak, masyarakat membayar uang sebesar Rp 48.000,-

“Setiap pembagian Rastra, saya sebagai Bhabinkamtibmas selalu berusaha untuk melakukan pengawasan dan menghimbau para kepala dusun dan Ketua Rt agar dalam penyalurannya benar-benar merata sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah tentang pendistribusian Rastra ini,” ujar Aiptu Sarwo Edy.

Selama kegiatan penyaluran Rastra di Balai Desa Ngulanwetan berjalan dengan kondisi aman, tertib, dan kondusif. Dengan adanya pelaksanaan pemantauan dan pengawasan pada pembagian Rastra ini diharapkan bisa menghilangkan adanya kecurangan yang terjadi saat pendistribusiannya.


Sumber : Polres Trenggalek