Aiptu Mukani, SH Kanit Sabhara Polsek Pule : Jangan Jadi Korban Konyol Akibat Petasan

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Turn Back Crime masalah petasan yang biasa muncul disaat bulan puasa menjadi sosialisasi personel Polsek Pule Polres Trenggalek, Sabtu (3/5). Aiptu Mukani dan Aiptu Joko Nurhadi menjadikan Masjid Darussalam Desa Karanganyar menjadi tempat dialogis.

Bahaya mercon atau petasan potensinya memang sangat membahayakan apabila terjadi kelalaian yang membunyikan, Sudah banyak contoh di Trenggalek tahun lalu ada anak yang harus rela jari tanganya diamputasi akibat menyalakan petasan. Petasan yang dibuat sendiri oleh para pelaku biasanya berukuran melebihi besaran yang ada, dengan ukuran yang besar tentunya memiliki efek getaran yang kuat.

Dengan kejadian tersebut Polisi mengajak masyarakat untuk tidak menyulut mercon, memang dahulu menurut cerita pada bulan puasa, menjadi tradisi menyulut petasan/ bunyi-bunyian sebagai tanda masuknya waktu magrib (berbuka puasa). Istilah jaman dahulu dikenal penduduk desa dengan suara Naglor, lain dulu lain sekarang untuk mengetahui masuk magrib cukup banyak jalan dengan perkembangan teknologi. Tidak perlu bunyi – bunyian yang perlu dipertunjukan sehingga mercon dan sejenisnya tidak usah disulut.

Baru- baru ini ada kabar tentang korban meninggal akibat petasan, Siapa yang harus disalahkan atas kejadian tersebut. Harus intropeksi diri akibat dari bahaya mercon, tidak usah saling menyalahkan dan yang lebih penting kita harus lakukan tindakan pencegahan. Seperti kabar dari Desa Ambender Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan, dua orang harus kehilangan nyawa akibat mercon atau petasan. Berawal dari kejadian itu, mari untuk merapatkan barisan jangan sampai kejadian tersebut terjadi kembali di wilayah Pule.

“Kita sosialisasikan pencegahan terhadap bahaya luar biasa yang diakibatkan mercon kepada warga Pule, dengan harapan kejadian akibat mercon tidak terjadi kembali,” Kata Aiptu Mukani saat di konfirmasi di Mako Polsek Pule Polres Trenggalek.


Sumber : Polres Trenggalek