Bripka Andik Bhabinkamtibmas Tanggaran Bersama Tiga Pilar Hadiri Rembug Warga

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Jum’at (2/6). Di balai Desa Tanggaran diadakan verifikasi, Klasifikasi data identifikasi usulan kebutuhan RTSM (Rumah Tangga Sangat Miskin), dengan dihadiri unsur tiga pilar Bhabinkamtibmas Desa Tanggaran Polsek Pule Polres Trenggalek.

Kegiatan rembug warga perihal RTSM, merupakan kelanjutan program jalin matra Gubernur Jawa Timur Soekarwo dengan sasaran rakyat miskin. Dalam realisasi di Desa Tanggaran yang akan mendapat bantuan RTSM, Sebanyak 116 kepala keluarga menurut data yang terferivikasi.

Dari setiap sasaran RTSM (Rumah Tangga Sangat Miskin) besarnya nilai bantuan tidak diterimakan melalui uang, akan tetapi bantuan yang digulirkan berupa hewan ternak kambing. Bantuan yang diterimakan kepada para kepala keluarga dengan nilai rupiah sebesar 2,5 juta dengan hasil kesepakatan diwujudkan dalam bentuk hewan bukan lagi uang, dengan harapan bisa berkembang dan cukup membantu ekonomi warga Tanggaran.

“Program Rumah Tangga Sangat Miskin merupakan program dari provinsi, dengan dapatnya dilaksanakan dengan baik, bisa berkembang sesuai tujuan pemerintah provinsi,” Kata Kades Plt Tanggaran Lasiman di rembug warga.

Dalam praktek pelaksanaannya, menurut pendamping Kabupaten Trenggalek Imam Buhari. Program untuk warga yang sudah masuk RTSM di desa Tanggaran akan dibagi dalam enam kelompok. Dalam program ini bendahara tidak memegang uang akan tetapi memegang barang. Di wilayah pule yang mendapat program yang sama seperti desa Tanggaran ada lima desa, Seperti Desa Jombok, Karanganyar, Sidomulyo dan Pakel.

“Kita akan memonitor jalannya pendistribusian program RTSM sampai kesasaran,” Kata Bripka Andik Bhabinkamtibmas Desa Tanggaran Polsek Pule Polres Trenggalek saat dikonfirmasi di lokasi rembug warga.


Sumber : Polres Trenggalek