Tiga Pilar Penyangga Keamanan di Pule Bertemu Tokoh Agama Jombok

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Jajaran Personel Polsek Pule Polres Trenggalek, Koramil 0806/10 Pule dan Kasi Trantib Kecamatan Pule, Mereka berkumpul bersama – sama dengan salah satu tokoh agama, Kamis (1/6). Dalam pertemuan kali ini, membahas situasi Kamtibmas di wilayah.

Pertemuan dengan tokoh agama di Jombok, Nursalim yang selain tokoh agama juga menempati jabatan dalam perangkat Desa Jombok. Dalam kegiatan sehari-hari tokoh ini berperan aktif di lingkungannya Dusun Sidem, sekaligus sebagai imam masjid yang berada dilingkungannya, dengan profesi yang dimilikinya di bidang pengetahuan agama sudah dimilikinya sebagai keyakinan dalam perbuatan sehari-harinya. Ini yang menjadi dasar Tiga Pilar Kecamatan Pule untuk saling tukar menukar ilmu yang berkembang, terutama penyebaran pemahaman islam radikal.

Menurut penuturan yang disampaikan tokoh agama ini, Islam radikal dengan doktrin-doktrin kerasnya. Yang menganggap muslim yang tidak sependapat denganya halal dibunuh, sudah menyalahi tuntunan islam, misi Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin yang berarti bisa diterima oleh siapapun tanpa adanya kekerasan. Dalam berbangsa dan bernegara juga sudah tidak menuruti ulil amri pemerintahan yang ada. Sudah menyalahi ketentuan UUD 1945 dan norma Pancasila dalam kehidupan di Indonesia.

“Kami telah melakukan koordinasi dalam pencegahan paham-paham radikal yang akan muncul di wilayah Pule dengan komunikasi dengan tokoh agama. Saya kira harus secara terus menerus dilakukan sosialisasi ajaran Islam yang benar oleh semua kalangan, utamanya oleh para tokoh agama, ulama dan dai. Masa depan Islam akan ditentukan oleh seberapa besar dan benar pemahaman umat Islam itu sendiri terhadap ajaran Islam,” Kata Aiptu Imam Mansur Kanit Provos Polsek Pule Polres Trenggalek saat dikonfirmasi di lokasi Simpang Lima.


Sumber : Polres Trenggalek