Peringatan Hari Lahirnya Pancasila Pemersatu Bangsa

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – 1 Juni menjadi tanggal yang sangat penting, karena di situlah Pancasila telah lahir, dan inilah hari lahir dasar negara, pemersatu bangsa dari Sabang hingga Marauke, Kamis (01/06).

Kapolsek Kampak Polres Trenggalek Iptu Anwar, SH menghadiri kegiatan upacara bendera dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila bertempat di halaman kantor Kecamatan Kampak Trenggalek.

Dalam upacara tersebut anggota Polsek Kampak Aiptu Sumani bertugas sebagai komandan upacara, terlihat begitu khidmat pelaksanaan upacara tersebut, seluruh peserta upacara terlihat berbaris rapi.

Berikut kutipan pidato Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945: “Dasar negara, yakni dasar untuk di atasnya didirikan Indonesia Merdeka, haruslah kokoh kuat sehingga tak mudah digoyahkan. Bahwa dasar negara itu hendaknya jiwa, pikiran-pikiran yang sedalam-dalamnya, hasrat yang sedalam-dalamnya untuk di atasnya didirikan gedung Indonesia Merdeka yang kekal dan abadi. Dasar negara Indonesia hendaknya mencerminkan kepribadian Indonesia dengan sifat-sifat yang mutlak keindonesiaannya dan sekalian itu dapat pula mempersatukan seluruh bangsa Indonesia yang terdiri atas berbagai suku, aliran, dan golongan penduduk,”

“Dasar negara yang saya usulkan. Lima bilangannya. Inilah Panca Dharma? Bukan! Nama Panca Dharma tidak tepat di sini. Dharma berarti kewajiban, sedang kita membicarakan dasar. Namanya bukan Panca Dharma, tetapi saya menamakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa (Muhammad Yamin) namanya Pancasila. Sila artinya asas atau dasar dan di atas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia kekal dan abadi,”

Pancasila merupakan dasar negara yang telah ditetapkan sejak Indonesia merdeka. Oleh karena itu, Pancasila dijadikan sebagi falsafah atau pandangan hidup bagi seluruh bangsa Indonesia. Dengan adanya Pancasila, Indonesia dapat menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara dengan dengan tertib, aman dan penuh perdamaian. Jika kita memperhatikan lambang Pancasila dan butir-butir yang terkandung dalam Pancasila, itulah yang merupakan pencerminan kepribadian bangsa Indonesia, sehingga Indonesia dapat dibedakan dengan bangsa lain karena ciri khas yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.


Sumber : Polres Trenggalek