Kapolres Trenggalek : Jadikan Peringatan Hari Lahir Pancasila Sebagai Momentum Pemersatu Bangsa

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Upacara peringatan hari lahir Pancasila 2017 dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia. Tak terkecuali Kabupaten Trenggalek. Upacara yang digelar di alun-alun kota Trenggalek ini dipimpin langsung oleh Bupati trenggalek Dr/ Emil Elestianto, M.Sc selaku inspektur upacara.

Hadir pula Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si. beserta jajaran Forkopimda dan tamu undangan lainnya. sedangkan peserta upacara terdiri dari peleton Kodim 0806 Trenggalek, Polres Trenggalek, Satpol PP, barisan Korpri, Banser, ormas kepemudaan, mahasiswa dan pelajar.

Upacara yang mengambil tema Aku Indonesia Aku Pancasila ini berjalan cukup Khidmat. Para peserta upacara sudah berbaris rapi sejak pukul 07.00 Wib seakan menggambarkan kecintaannya kepada Indonesia dan Pancasila.

Dalam amanat Presiden RI yang dibacakan Bupati Trenggalek menegaskan kodrat bangsa lndonesia adalah keberagaman. Takdir Tuhan untuk Indonesia adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. Dari Miangas sampai Rote adalah juga keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk lndonesia.  ltulah  kebhinneka  tunggal  ika-an  Indonesia.

“Oleh karena itu, saya mengajak peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi,  TNI  dan Polri serta seluruh  komponen  masyarakat untuk  menjaga Pancasila. Pemahaman dan  pengamalan Pancasila  dalam bermasyarakat,  berbangsa  dan  bernegara harus terus  ditingkatkan. Ceramah keagamaan, materi pendidikan,  fokus pemberitaan  dan perdebatan  di media sosial  harus menjadi  bagian  dalam pendalaman  dan pengamalan nilai-nilai Pancasila” ucap Bupati Trenggalek di hadapan peserta upacara.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si menegaskan, peringatan hari lahir Pancasila hendaknya dijadikan momen mempersatukan bangsa dan menguhkan kembali semangat kebhineka tungkka ika-an Indonesia dan tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang sengaja dihembuskan oleh pihak tertentu untuk memecah belah Indonesia.

“Mari bersama-sama meneguhkan kembali 4 pilar kebangsaan kita. Indonesia ada karena keberagamannya. Saya Indonesia Saya Pancasila” pesan AKBP Donny.

 


Sumber : Polres Trenggalek