Aktivitas Masyarakat Meningkat, Satsabhara Gelar Patroli Pertokoan dan Pusat Perbelanjaan

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Meskipun lebaran masih cukup lama, namun dinamika aktivitas masyarakat di sejumlah pertokoan sudah mulai terasa. Beberapa mall dan supermarket dipenuhi pengunjung khususnya pada sore hari mulai pukul 15.00 Wib hingga 21.00 Wib.

Menyikapi hal tersebut, Satsabhara Polres Trenggalek mengambil langkah cepat menerjunkan personelnya untuk patroli dengan sasaran pusat perbelanjaan.

“Sore hari menjelang magribh memang ada peningkatan aktivitas di sejumlah pertokoan dan supermarket. Mungkin masyarakat sambil ngabuburit menghabiskan waktu menunggu adzan maghrib” ujar Kanit patroli Satsabhara Ipda Cikini, S.Pd.

Personel patroli satsabhara yang diturunkan merupakan petugas piket hari itu yang terbagi menjadi tiga pluh. Masing-masing pluh menggunakan fasilitas kendaraan dinas sedan patroli. Selain itu, unit patroli sepeda motor juga diturunkan memperkuat petugas dilapangan.

Saat dikonfirmasi, Kasatsabhara Polres Trenggalek AKP Rudi Purwanto, SH menuturkan, pihaknya all out melaksanakan patroli dan pengamanan selama bulan ramadhan ini. Seluruh perkuatan sengaja di gelar guna memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat yang menjalankan ibadah puasa.

“Khusus pertokoan dan pusat perbelanjaan, patroli dilaksanakan secara mobile minimal satu jam sekali. Sedangkan toko emas dan provit lainnya bersifat statis.” Jelas AKP Rudi

Masih kata AKP Rudi, setiap petugas patroli yang diturunkan dibekali dengan senjata api sebagai upaya pencegahan jika terjadi tindak kejahatan. Namun ia menegaskan penggunaan senjata api tidak boleh sembarangan. Ada mekanisme dan tahapan-tahapan yang harus dilalui sesuai dengan SOP yang ada.


Sumber : Polres Trenggalek