Cegah Premanisme, Polsek Pule Beri Tindakan Pengamen di Pasar Pule

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Menindak lanjuti Operasi Pekat Semeru 2017 dengan sasaran premanisme di wilayah Pule digencarkan Unit Sabhara Polsek Pule Polres Trenggalek, Senin (29/5). Hari pasaran Pahing yang ada di Pule dimanfaatkan oleh para pengamen untuk mengemis, Polsek Pule melakukan penertiban dengan melakukan patroli pasar.

Dalam operasi tersebut Polsek Pule Polres Trenggalek berhasil menjaring dua pengamen dalam waktu bersamaan. Para pengamen yang berhasil diamankan Pd yang beralamat di Blitar serta Ny yang berasal dari Malang, untuk pemeriksaan keduanya dibawa ke Polsek Pule bersama-sama.

Aiptu Mukani, SH Kanit Sabhara Polsek Pule yang menangani tindak pidana ringan, memeriksa keduanya diruang Unit Sabhara Polsek Pule. Tindak pidana ringan merupakan tindak pidana dengan ancaman kurungan selama 3 bulan yang menjadi kewenangan Unit Sabhara dalam melanjutkan ke persidangan. Pencegahan premanisme termasuk para pengamen jalanan sudah adanya larangan dalam aturan hukum yang termasuk buku ketiga dalam hukum pidana.

“Kita nanti akan menjerat dengan pasal 504 ayat 1 KUHP tentang melakukan tindak pelanggaran mengemis dimuka umum kepada keduanya dengan cara mengamen seperti itu,” Kata Aiptu Mukani saat dikonfirmasi di Mako Polsek Pule Polres Trenggalek.

Menurut keterangan dari pelaku, kegiatan mengamen di pasaran Pule sudah dilakukanya beberapa kali di Pule. Menurutnya kegiatan menjadi pengamen jalanan yang biasa operasi saat pasaran di Pule, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang dirasa menjadi kernet Truck kurang memenuhi hajat hidupnya.

Dengan penindakan yang dilaksanakan Polsek Pule, keduanya merasa kapok dan sudah jera. perilaku ngamen yang selama ini dilakoninya akan ditinggalkan, untuk mencari pekerjaan lainnya yang lebih tidak berbenturan dengan pelanggaran.


Sumber : Polres Trenggalek