Bhabinkamtibmas Desa Kedungsigit Membangun Kemitraan Dengan Warganya

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Seorang Bhabinkamtibmas disuatu desa mempunyai peran sangat setrategis karena dipundaknya memikul tanggung jawab sebagai pembina keamanan dan ketertiban masarakat di suatu desa. Karenanya diperlukan keluwesan dalam bergaul dengan warganya.

Bhabinkamtibmas Desa Kedungsigit Bripka Ali Usman yang berdinas di Polsek Karangan, Polres Tenggalek sering hadir di desa binaannya untuk melakukan sambang desa guna mengetahui situasi masyarakat di desanya terutama saat ini sedang dilaksanakan ibadah puasa ramadhan. Sabtu (27/05).

Bripka Ali Usman mengerti bahwa demi suksesnya peran seorang Bhabinkamtibmas perlu banyak kenalan dan relasi untuk membentuk suatu jaringan komunikasi sebagai mitra kerja, sehingga kalau ada sesuatu permasalahan sosial di desanya bisa segera menyampaikan baik langsung atau lewat telephon kepada dirinya.

“Membangun kemitraan dengan warga masyarakat yang ada di desa bianaan adalah sangat penting karena dengan banyak mitra atau kenalan yang baik nantinya tugas kita akan menjadi ringan, setiap kejadian atau informasi yang penting mitra kita yang terjalin dengan baik akan selalu membentu informasi”, tutur Ali Usman.

Lebih lanjut menuturkan karena dia tiap saat tidak selalu beradadi desa binaan karena tidak berdomisili di desa Kedungsigit, ia sangat mengharapka peran kemitraan yang baik akan banyak membantu tugasnya.

Bripka Ali Usman menerangkan bahwa banyak kawan, banyak kenalan kita akan dibantu apabila nanti ada permasalahan lingkungan atau ada gesekan antar warga.


Sumber : Polres Trenggalek