Mari Bersama Berani Tolak Narkoba

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat-obatan berbahaya, istilah narkoba ini sangat berkaitan dengan senyawa yang memberi efek kecanduan bagi para penggunanya, Kapolsek Kampak Polres Trenggalek Iptu Anwar, SH ingatkan masyarakat agar menjauhi dan perangi Narkoba lewat pemasangan spanduk, Jum’at (26/05).

Pemasangan spanduk bertuliskan “Berani tolak Narkoba, mari bersama wujudkan masyarakat sehat dan terhindar dari bahaya Narkoba” tersebut terpampang di halaman depan Polsek Kampak Polres Trenggalek.

Maksud dan tujuan pemasangan spanduk tersebut agar warga yang melintas dan memasuki Polsek Kampak sadar dan mengetahui bahwa Narkoba adalah musuh bersama yang harus dijauhi dan dihindari karena bisa merusak fisik mental dan kejiwaan bahkan merusak generasi penerus bangsa.

Bagi pecandu, bahaya narkoba tidak hanya merugikan masalah fisik saja tetapi akan mengalami gangguan mental dan kejiwaan. Sebenarnya narkoba ini merupakan senyawa-senyawa psikotropika yang biasa digunakan dokter atau rumah sakit untuk membius pasien yang mau dioperasi atau sebagai obat untuk penyakit tertentu, tetapi persepsi tersebut disalah artikan akibat penggunaan di luar fungsinya dan dengan dosis yang di luar ketentuan. Apabila disalah gunakan, bahaya narkoba dapat mempengaruhi susunan syaraf, mengakibatkan ketagihan, dan ketergantungan, karena mempengaruhi susunan syaraf. Dari ketergantungan inilah bahaya narkoba akan mempengaruhi fisik, psikologis, maupun lingkungan sosial.

“Yang tak kalah menjadi perhatian, kebanyakan warga yang tertangkap narkoba ialah kalangan menengah ke bawah. Seperti halnya kuli bangunan, operator, serta anak-anak muda. Padahal jika ditelusuri lebih mendalam, mereka semua merupakan korban dari bandar narkoba, mari selamatkan generasi muda” ujar Iptu Anwar, SH.


Sumber : Polres Trenggalek