Cegah Pembalakan Liar dan Kebakaran Hutan melalui Pendekatan Sosial

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Bripka Agus Mulyono, M.H. sebagai Bhabinkamtibmas Desa Cakul, Polsek Dongko melaksanakan patroli serta himbauan kamtibmas kepada warga di sekitar hutan sebagai upaya mencegah pembalakan liar, kebakaran hutan dan lahan.(26/05)

Sebagai Petugas Bhabinkamtibmas yang mengampu satu Desa, dengan kondisi letak geografis wilayah pegunungan hutan, wilayah yang luas, dan dengan jumlah penduduk yang besar, tentunya bukanlah suatu hal yang mudah dalam cipta kondisi stabilitas kamtibmas yang aman kondusif.

“Kejadian sekecil apapun, kapan saja bisa terjadi”

“Termasuk salah satu ancaman gangguan kamtibmas dalam pengelolaan hutan adalah pembalakan liar secara masif”. Ujar Bripka Agus.

“Bukan rahasia umum lagi bahwa luas hutan di negara ini semakin menyusut, entah itu karena pembukaan lahan dengan cara membakar hutan ataupun penebangan secara liar”. Imbuh Bripka Agus.

Lebih lanjut Bhabinkamtibmas yang satu ini mengharap kerjasama pihak Perum Perhutani tetap bersinergis dengan masyarakat, yang artinya melibatkan masyarakat secara langsung dalam pengelolaan hutan. Program semacam ini seperti simbiosis mutualisme yang sama – sama menguntungkan, baik bagi masyarakat ataupun bagi perhutani. Pemberdayaan masyarakat dalam mengatasi terjadinya gangguan kamtibmas di wilayah hutan seperti pencurian kayu, pembakaran dll. Sebaliknya masyarakat dapat mengolah lahan hutan dengan tanaman – tanaman tumpangsari produktif seperti jagung, kedelai dan kacang.

“Pendekatan sosial melalui Program Pengelolaan Sumberdaya Hutan Bersama Masyarakat semoga tetap berkelanjutan (sustainable act) demi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan demi terciptanya situasi wilayah hutan yang aman lestari”. Harap Agus. (gusmul/tftt).


Sumber : Polres Trenggalek