Menambah Ketrampilan dan Wawasan Anggota Senkom, Satbinmas Polres Trenggalek Lakukan ini.

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Sebagai kepanjangan tangan Mitra Kepolisian dalam membantu tugas dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang disebut dengan Pengamanan Swakarsa, Senkom Mitra Polri sangat berperan penting dalam tugas tersebut. Untuk itulah dalam mempererat silaturohmi serta menambah ketrampilan dalam membantu tugas Kepolisian Satbinmas Polres Trenggalek menggelar pelatihan dan pembinaan kepada anggota Senkom Mitra Polri.  Sekitar 75 anggota Senkom mendapat pembinaan dan pelatihan, dari Personel anggota Satbinmas bertempat di Halaman Mapolres Trenggalek. Kamis (25/5/2017).

whatsapp-image-2017-05-25-at-10-08-47-amKegiatan pelatihan dan pembinaan dengan maksud untuk memupuk ketrampilan dan wawasan bagi anggota Senkom dan mengingatkan kembali pentingnya pengetahuan tentang Tindakan Pertama dalam menangani kejadian laka Lantas. Serta mendapat ketrampilan dalam hal lalu lintas seperti 12 gerakan pengaturan lalu lintas. Selain itu juga memberikan pemahaman tentang menjaga keselamatan diri ketika melakukan pengaturan, dan tidak ragu memberikan isyarat dan gerakan pengaturan lalu lintas ketika melaksanakan tugas di lapangan. Materi Deradikalisasi serta kegiatan Outbond juga diberikan oleh Satbinmas Polres Trenggalek kepada puluhan peserta Senkom dalam pelatihan kali ini.

“Setelah teori kita ajarkan mereka praktek penanganan TPTKP Laka Lantas serta gerakan pengaturan lalu lintas di halaman Mapolres Trenggalek”, jelas Ipda Rudi Sugiarto,S.H., selaku Kanit Binkamsa yang membidangi tugas bentuk Pam Swakarsa saat ditemui mengisi kegiatan tersebut.

whatsapp-image-2017-05-25-at-10-08-54-amDi tempat yang sama Kasat Binmas AKP Suyono, S.H.,M.Hum., menjelaskan bahwa, pembinaan dan pelatihan kepada Senkom Mitra Polri guna meningkatkan kualitas seluruh anggota Senkom agar lebih cepat dan tanggap dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat. Tugas seperti penanganan laka Lantas dan pengaturan lalu lintas tidak hanya mengandalkan petugas Polri namun perlu juga kepedulian dari masyarakat salah satunya anggota Senkom.

“Sebentar lagi disaat Lebaran Idul Fitri Senkom Mitra Polri juga diturunkan di pos – pos pengamanan lebaran, untuk membantu tugas Polri dalam pengamanan arus mudik maupun arus balik”, ujar Suyono menambahkan. (dev).


Sumber : Polres Trenggalek