Sinergitas Tiga Pilar Joho Tekankan Kerukunan Beragama

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Rumah Sunarko Rt/35 Dusun Ngrandu Desa Joho, Selasa (23/5). Bhabinkamtibmas Desa Joho Bripka Arif menghadiri kegiatan pengajian umum yang dilakdsanakan dalam menghadapi bulan ramadhan, penyampaian pembinaan Kamtibmas menjadi misi dalam pengajian ini.

Kegiatan pengajian umum yang menghadirkan unsur tiga pilar Desa Joho, Kades Sudarmanto, S.Pd dan juga tokoh masyarakat, tokoh agama yang ada di Desa Joho. Kegiatan pengajian umum yang menghadirkan penceramah dari Kota Tahu Kediri, KH Nurhasan dari Lirboyo Kediri.

Dilaksanakan oleh panitia dari pengurus ranting Nahdlutul Ulama Desa Joho, dalam menyambut bulan ramadhan agar mendapatkan ridho selama pelaksanaan puasa. Dalam pelaksanaan kegiatan berjalan lancar dan aman, Didukung Bhabinkamtibmasnya selama berlangsungnya acara.

Penyampaian pesan Kamtibmas terkait isu kerukunan beragama yang sempat muncul, disampaikan Bhabinkamtibmas Bripka Arif pada saat acara gelar sambutan. Menurutnya keyakinan dalam melaksanakan ketentuan ibadah semua memiliki dasar hukum baik dalam bentuk Al Qur-an dan Kitab Hadist, Jangan saling menyalahkan aliran lain yang tidak sama dalam pelaksanaan ibadahnya, Jangan merasa aliran yang satu paling benar dan menjelekan aliran lainya.

Keanekaragaman harusnya menjadikan dasar keimanan, Tuhan menciptakan keanekaragaman dalam menyembahnya menjadi fokus titik cara beribadah kepada Tuhan. Sehingga walau bermacam aliran seperti MTA (Majelis Tafsir Alqur-an), aliran Ahlisunah Waljamaah NU bisa hidup berdampingan di Desa Joho, dengan tidak adanya perasaan minoritas dan terkucilkan.

“Melalui pengajian umum yang dilaksanakan tadi malam di Desa Joho, menjadi kewajiban untuk merukunkan aliran yang ada, sehingga tidak muncul gesekan antar warga yang berbeda aliran dan mengajak untuk bersama-sama jaga kerukunan,” Kata Bripka Arif saat dikonfirmasi di mako Polsek Pule Polres Trenggalek, Rabu (24/5).


Sumber : Polres Trenggalek