Polres Trenggalek : Asah Kemampuan Beladiri Sebagai Bekal Tugas Dilapangan

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Program unggulan Polres Trenggalek T-Skill rutin dilaksanakan tiap hari Rabu. Berbagai pelatihan teknis kepolisian di berikan kepada anggota agar kemampuan perorangan dan satuan semakin terasah. Tak terkecuali pelatihan beladiri Polri sebagai bekal wajib dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Usai apel pagi, puluhan anggota sudah siap dihalaman Mapolres lengkap dengan baju khas beladiri berwana putih. Seperti biasa, sebagai instruktur beladiri adalah Ipda Suyono yang memang dikenal sudah mumpuni dalam bidang beladiri, Rabu (24/05)

“Beladiri harus sering dilatihkan terus menerus. Terus diasah secara periodik, agar muncul reflek dalam diri masing-masing dan dapat diterapkan saat bertugas. Seperti membela diri dari serangan atau melumpuhkan pelaku kejahatan yang membahayakan orang lain. Beladiri hanya digunakan pada saat mendesak dan bersifat melumpuhkan bukan mematikan.” Jelas Ipda Suyono

Selain itu, kemampuan beladiri ini merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi bagi mereka yang akan naik pangkat. “Dalam UKP (Ujian Kenaikan Pangkat), masing-masing anggota di uji ketangkasan beladirinya. Jika dinilai tak mampu, ya harus mengulang pediode berikutnya. Itu artinya kenaikan pangkat mereka harus mundur, mengikuti UKP periode berikutnya.” Tambah Ipda Suyono.

Dihubungi via sambungan selular, Kabagsumda Polres Trenggalek Kompol Sumilih, SH selaku leading sector pembinaan personel menuturkan. Tidak semua Personel dilibatkan dalam latihan beladiri tersebut, mengingat keterbatasan tempat dan tenaga instruktur.

“Diutamakan bagi mereka yang akan UKP, namun untuk latihan periodik keseluruhan tetap dilaksanakan untuk merefresh kembali tehnik dan taktik beladiri yang sudah diajarkan sejak pendidikan” tegas Kompol Sumilih.


Sumber : Polres Trenggalek