Partisipasi dan Pengamanan Penyambutan Bulan Suci Ramadhan

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Dalam menyambut bulan puasa Ramadhan, masyarakat akan melaksanakan acara-acara bernuansa islami. Untuk itu, Kepolisian sektor Pogalan mengerahkan beberapa personilnya utuk mengamankan acara tersebut, sehingga acara tersebut bisa berjalan dengan aman dan lancar. Senin (22/05).

Seperti yang dilakukan pada hari Senin tanggal 22 Mei 2017 mulai pukul 20.00 wib s/d 23.15 wib bertempat di Masjid Darussalam Rt.03 Rw.01 Dusun Krajan Desa Ngulanwetan Kecamatan Pogalan telah dilaksanakan Megengan Agung dan Haflah Akhirussanah Madrasah Diniyah Awaliyah.

Kegiatan tersebut dihadiri kurang lebih 200 orang dengan rincian yang hadir adalah KH Abdul Khalim dari Durenan, Kepala desa Ngulanwetan, Babinsa Desa Ngulanwetan, BHKTM Desa Ngulanwetan, santri dan walisantri Madrasah Diniyah Awaliyah Masjid Darussalam yang di wisuda, dan tokoh agama serta masyarakat Desa Ngulanwetan.

Adapun susunan acara adalah pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, prakata panitia, dan sambutan dari Kades Ngulanwetan. Setelah itu sambutan wakil pengasuh Madrasah Diniyah Awaliyah Masjid Darusalam Muhammad Asrofi,  Istiqosah dipimpin ketua Pengasuh Madrasah Awaliyah Diniyah Masjid Darussalam KH Gufron Samsuri, penyerahan Ijasah Madrasah Awaliyah Diniyah Masjid Darussalam kepada 7 Santri yang diwisuda.

Dan acara selanjutnya adalah Mauidzoh Hasanah oleh KH Abdul Khalim dari Durenan dengan inti yaitu dalam menghadapi bulan Ramadhan kita harus betul-betul niat, diwajibkan atas kamu berpuasa bagi orang-orang yang beriman, bagi orang yang tidak berpuasa diwajibkan mengganti diwaktu yang lain atau melaksanakan puasa dapat diganti degan satu mud atau 0,6 kg diberikan kepada fakir miskin, pemberitahuan tentang hal-hal yang membatalkan puasa, peeintah untuk menyegerakan berbuka puasa, perbanyak infaq dan sodakoh, beriktikaf/berdiam diri di sepuluh hari yang terakhir setelah tarawih sampai menjelang subuh, Sholat Iftitah/pembuka dengan dua rokaat yang dikerjakan dibulan Ramadhan, dan awal dari bulan Ramadhan tinggi dari bulan sudah mencapai 8 derajat.

Dan yang terakhir adalah doa dan penutup. Selama giat Megengan Agung dan Haflah Akhirussanah Madrasah Awaliyah Diniyah Masjid Darussalam Desa Ngulanwetan berjalan aman tertib dan kondusif. Dengan berjalannya acara dengan lancar, berarti Polsek Pogalan telah berhasil untuk menjaga keamanan dan keselamatan warga.


Sumber : Polres Trenggalek