Kapolsek Pule Dukung Program Wanacita 5, Kampung KB

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – “Kita akan mendukung program Wanacita 5 yang di gagas Presiden Jokowi dengan implementasi program kampung Keluarga Berencana di wilayah Pule,” Statemen yang diberikan Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji, SH dalam sinergitas dengan kepala bidang Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana Kabupaten Trenggalek, Senin (22/5), di pendopo Kecamatan Pule.

Dalam program KB yang sudah berjalan di era 2000 sudah bisa realitasnya dengan menurunkan angka kemiskinan, untuk meningkatkan kesejahteraan dengan 2 anak cukup diadakan lagi Presiden Jokowi dalam pengentasan kemiskinam. Penuturan yang disampaikan Hari Kudianto dari Kepala Bidang Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana Trenggalek.

Wanacita 5 yang menjadi program Presiden sampai akhir masa jabatanya 2019, Kampung KB termasuk dalam program tersebut. Program ini dalam rangka meningkatkan kwalitas manusia dan pembangunannya di daerah pinggiran.

Kriteria yang di jadikan Kampung KB ini, kampung tersebut merupakan kantong kemiskinan, adanya sarana prasarana yang kurang baik, sarana penerangan listrik belum masuk, belum adanya pok tani/ternak maupun home industri serta peminat KB rendah. Desa Tanggaran wilayah Kecamatan Pule yang dijadikan Kampung KB.

Peran serta 3 pilar Bhabinkamtibmas sangat dibutuhkan dalam mensukseskan program ini dengan mengadakan penyuluhan baik di bidang hukum maupun keamanan dalam rangka menjaga situasi kamtibmas yang kondusif.

Dalam misi penyuluhan terhadap warga, jangan menikah diusia dini, jangan melakukan kekerasan dalam rumah tangga serta himbauhan masa subur bagi wanita lanjut usia jangan sampai hamil melihat resikonya besar.  Selain perihal tersebut, Program Wanacita juga mengarah kepada rasa aman.

Dengan mengembalikan rasa aman kepada warga dengan peran alat negara dalam pemeliharaanya, Sehingga akan dirasakan langsung serta membangun tata pemerintahan yang bersih dan efektif dipercaya masyarakat.

 


Sumber : Polres Trenggalek